CONTOH USE CASE DIAGRAM BESERTA NARASI

TUGAS  (1) REKAYASA PRANGKAT LUNAK


Gambar  1.1 Use case diagram pada Aplikasi Jude

·         Acktor pertama yakni mahasiswa. Mahasiswa dapat melakukan:

1.       Mahasiswa dapat masuk ke simak online  fakultas masing-masing dengan catatan login id mahasiswa terlebi dahulu dengan mengisikan NIM/ user  dan password.
2.       Setelah login mahasiswa diharuskan mengambil KRS yang bertujuan meregistrasi ulang. Hal ini sangat penting  dilakukan untuk mengikuti perkuliahan yang akan datang. Biasanya pengambilan KRS mempunyai batasan waktu. Namu
n sebelum itu mahasiswa juga diharuskan mengisi data pribadi secara lengkap.
3.       Mahasiswa juga dapat melakukan perluasan jika telah mengambil KRS dengan mencetak KRS. Cetak KRS dapat dilakukan kapan saja asalkan telah melakukan pengambilan KRS di simak online.
4.       Mahasiswa juga dapat melakukan perluasan dengan mengganti password. Mahasiswa juga dapat melakukan perluasan dengan  mencetak KHS dari simak online.
·         Acktor  kedua yakni admin. Admin disini dapat melakukan:

1.       Admin dapat melakukan apa yang bias dilakukan mahasiswa dan dosen.
2.       Admin dapat  memanipulasi jadwal kuliah.
3.       Admin juga diharuskan menyusun jadwal kuliah.
4.       Admin juga dapat merubah password  dosen dan mahasiswa secara langsung melalui ID admin
5.       Admin juga dapat login dengan akun mahasiswa dan dosen. Dikarnakan admin pasti mengetahui  ID  mahasiswa dan dosen
6.       Selanjutnya admin dapat melakukan yang tidak bisa dilakukan mahasiswa dan dosen, yaitu admin dapat memanipulasi data keseluruhan salah satunya melakukan maintenance untuk perbaikan sistem .

·         Akctor ketiga yakni Dosen. Dosen dapat melakukan:

1.       Login dengan ID dosen
2.       Setelah login dosen diharuskan memanipulasi atau mengisi nilai mahasiwa. Mengingat nilai dari dosen adalah mutlak, jadi mengisi nilai hanya dapat dilakukan dosen.  Admin hanya dapat merubah nilai dengan persetujuan dari dosen pembimbing.
3.       Dosen juga dapat memanipulasi  jadwal kuliah dengan berkonsultasi/persetujuan dengan admin.
4.       Dosen dapat melakukan perluasan mengganti password dan mengisi data pribadi.




Post a Comment

0 Comments